Tugas-Tugas Malaikat

Tugas-tugas yang diemban oleh para malaikat menurut Al-Qur’an antara lain :

1. Membawa kebaikan dan menyebarkan rahmat dari Allah SWT. “Demi (malaikat-malaikat) yang dikirim membawa kebaikan, dan yang terbang dengan kencangnya, dan yang menyebarkan rahmat seluas-luasnya, lalu yang membedakan sejelas-jelasnya (antara yang haq dan yang bathil), dan yang menyampaikan peringatan.” (QS. Al Mursalat : 1-5)

2. Menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. “Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. Al Qur’an dibawa turun oleh Ruhul Amin (Malaikat Jibril).” (QS. As Syu’ara : 192-193)

3. Memperkuat para nabi dan para muslimin. “…Dan Kami berikan kepada Isa , putra Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Kudus.” (QS. Al Baqarah : 253). Yang dimaksud dengan Ruhul Qudus jumhur mufassirin (kesepakatan para ahli tafsir) adalah malaikat Jibril.

4. Mendatangkan azab bagi umat yang zalim dan mengingkari ayat-ayat-Nya. “Maka bagaimanakah (keadaan mereka) apabila malaikat mematikan mereka seraya memukul muka serta punggung mereka?” (QS. Muhammad : 27)

5. Menolong manusia dengan memintakan ampun kepada Allah SWT. “Semua langit hampir pecah dari bagian atasnya (karena kebesaran Allah) dan malaikat-malaikat bertasbih memuji Tuahnnya serta memohokan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi.” (QS. As Syuura : 5).

6. Membantu meningkatkan rohaniah umat manusia baik di dunia maupun di akhirat. “Dan datanglah tiap-tiap diri bersamanya (malaikat) pengiring dan (malaikat) penyaksi.” (QS Qaf : 21).

7. Mencatat segala perbuatan manusia. “Dan sesungguhnya bagi kamu ada penjaga-penjaga (malaikat-malaikat) yang mulia yang mencatat, mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Infithaar : 10-12).

Sebagaimana manusia, para malaikat juga memiliki jadwal giliran dalam menjalankan tugas mereka. Rasulullah bersabda : “Para malaikat (yang bertugas pada) malam hari dan malaikat (yang bertugas pada) siang hari selalu bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul ketika pada waktu shalat Subuh dan Ashar. Kemudian malaikat malam naik ke langit, lalu Tuhan mereka bertanya kepada mereka – padahal sesungguhnya Allah Maha tahu : ‘Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku saat kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab : ‘Kami tinggalkan ketika mereka sedang shalat, dan kami datangi mereka juga sedang shalat’.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Dari keterangan di atas jelaslah bahwa setiap hari baik siang maupun malam, ada malaikat yang turun ke bumi. Mereka tidak saja mencatat segala amal perbuatan manusia melainkan juga menebarkan kebaikan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s